Senin, 09 Mei 2011

Belajar & Mengajar

Aktivitas Sabtu 7 Mei 2011
Part I : UILDP 9.00 am
UILDP kali ini adalah pertemuan kedua dengan sesi Leadership Skill bersama Pak Arief Munandar. Seperti biasa beliau berhasil memberikan pencerahan dan ilmu-ilmu yang baru kepada saya. Ada sebuah poin yang cukup berkesan buat saya.
Membuat keputusan, making DECISION
: berkomitmen penuh untuk mencapai suatu hasil tertentu, dan bersamaan dengan itu “memotong” seluruh kemungkinan yang lain.
Contoh yang beliau berikan pas banget dengan kondisiku :p
Beliau memberikan contoh, orang yang ingin diet tapi tidak pernah berhasil karena dia belum benar-benar “making decision”. Yippie, keputusan itu jangan di mulut saja, tapi juga di sini (kata Pak Arief sambil menunjuk kepalanya). Hmm, jadi pengen diet beneran :p
Part II : Mengajar rumbel Matahari 1.00 pm
Mengajar rumbel merupakan katarsis buat saya. Meski mereka bandel, ribut, tidak mau mengalah, suka berantem, tetap saja menghibur :)
OOT: meski cita-cita saya bukan menjadi pengajar, tapi selama ini saya selalu mendaftar asdos, pernah mengajar anak SMA, mengajar rumbel, saya sangat enjoy melakukannya. I am still curious why..
Seperti ini suasana mengajarnya.
Kuis adalah sesi dari rumbel yang tidak boleh ketinggalan. Biasanya, kalau hanya membahas soal anak-anak mudah bosan dan mereka pasti bilang, “Kak, ntar kuis ya Kak.” Setelah saya iyakan, mereka langsung bilang “Horee!!”. Dasar anak-anak.
Untuk menemukan metode kuis yang tepat, saya perlu trial and error. Seringkali meski saya sudah memberitahu bahwa tidak boleh menyebutkan jawaban sebelum saya tunjuk, tetap saja mereka menyebutkan (lebih tepatnya meneriakkan) jawabannya. Akhirnya, kali ini saya menemukan metode yang pas. Mereka harus menutup mulut dulu sebelum menunjuk tangan.
Lucu kan?
Foto di bawah ini adalah ketika mereka ‘rusuh’ menjawab pertanyaan.
Very very fun, spending time with them. Nice saturday. Alhamdulillah :)

0 komentar: